kali ini berbagi cerita akan membagikan sebuah transkrip simulasi keterampilan belajar mengajar.
transkrip ini penulis gunakan ketika sedang menjalani mata kuliah KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR di semester 6 FKIP PGSD BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN
meskipun banyak kekurangan pada transkrip ini, tapi penulis berharap, semoga transkrip ini berguna untuk guru ataupun cagur (calon guru) yang ada di seluruh Indonesia... ( ceile... PD bener ya... hohoho)
langsung za ya....
cek this out....
TRANSKRIP SIMULASI
MENGAJAR
1.
Tema : Peristiwa
2.
Kelompok : 1
3.
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
4.
Kelas/Semester :
II / I
5.
Materi : cerita pendek
6.
Waktu : 15 Menit ( simulasi)
7.
Hari/Tanggal : Selasa / 28
Februari 2012
8.
Standar Kompetensi : memahami ragam wacana tulis dengan membaca
nyaring
dan membaca dalam hati.
9.
Kompetensi Dasar : membaca nyaring teks ( 15-20
kalimat ) dengan
memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
10.
Indikator : - menjawab
atau mengajukan peertanyaan dari isi teks yang dibaca.
11.
Tujuan Latihan :
Berlatih
keterampilan dasar mengajar, terutama pada aspek :
1)
Bertanya dasar :
(1)
Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat :
4x
(2)
Pemberian acuan : 3x
(3)
Pemberian waktu berpikir : 5x
(4)
Pemindahan giliran : 6x
2)
Penguatan :
(1)
Verbal :6x
(2)
Mimik dan gerakan badan :5x
(3)
Penguatan dengan cara mendekati :5x
3)
Variasi :
(1)
Penggunaan variasi suara :3x
(2)
Pemusatan perhatian :4x
(3)
Kesenyapan :2x
(4)
Pergantian posisi guru dalam kelas :4x
1)
Kegiatan
Pendahuluan ( 3 Menit)
Guru :
(guru memasuki kelas ) “Assalamuaikum Wr. Wb”
Siswa
:“Wa’alaikumsalam Wr. Wb” (siswa
menjawab dengan serempak).
Guru :
selamat pagi anak-anak. ( dengan suara bersemangat
menimbulkan motivasi).( keterampilan variasi suara)
Siswa :
selamat pagi Bu.
Guru :
bagaimana kabar kalian hari ini? (suara bersemangat)
(keterampilan variasi suara)
Siswa :
Baik Bu.
Guru :
kalau keadaan kita baik dan sehat, maka sepantasnya kita
mengucapkan apa anak-anak? (guru bertanya secara singkat dengan
gerakan badan dan mimik guru yang ceria,)(
keterampilan bertnya dasar secara jelas dan singkat ).
Siswa
: alhamdulillah.... ( serempak )
Guru :
pintar semuanya. (guru tersenyum dan mengacungkan
jempol ke arah
semua anak ) ( penguatan
verbal dan penguatan gerakan badan)
Anak-anak sudah berdoa belum?
Siswa :
belum Bu.
Guru : kalau begitu, sebelum
belajar kita berdo’a terlebih dahulu, Siapa diantara kalian yang bersedia
memimpin do’a?
Siswa :
Saya Bu. ( jawab Fredi)
Guru :
Baik, silakan nak Fredi memimpin do’a. (
kemudian
guru duduk )
( keterampilan variasi posisi guru )
(guru
dan siswa berdo’a bersama-sama)
Guru : terima kasih Nak Fredi yang sudah bersedia
memimpin doa. (guru mendekati Fredi) (ketrampilan
penguatan mendekati). Semoga
dengan berdoa tadi, pembelajaran kita hari ini berjalan dengan baik.
Anak-anak siapa
hari ini yang tidak hadir?
Siswa :
hadir semua Bu.!
Guru : Alhamdulillah, (guru
tersenyum) (ketrampilan penguatan dengan mimik dan gerakan
badan ) siswa ibu lengkap
semuanya. kalian memang anak-anak Ibu yang rajin. (penguatan
verbal)
sekarang siapkan perlengkapan belajar kalian. ( guru memberikan waktu untuk anak). Sudah?
Sisiwa : Sudah
Bu!
Guru : Siap
untuk belajar! (dengan wajah
ceria dan suara yang
lantang) (keterampilan
variasi suara)
Siswa : Siap Bu! (serempak)
Guru :Baik…sekarang perhatikan Ibu ! ( pemusatan
perhatian)
Kegiatan inti ( ±10 menit)
Guru : nah anak-anak, Ibu memiliki sebuah gambar. (keterampilan memberikan
acuan). Coba
perhatikan gambar yang ada si
tangan Ibu ini! ( guru berjalan ke tengah kelas sambil memperlihatkan
gambar ). (ketrampilan posisi guru) Nah
sekarang, siapa di antara kalian yang bersedia membacakan cerita
yang terkandung di dalam gambar ini (keterampilan
guru memberikan waktu berfikir).
Siswa :Saya Bu....( jawab Alifiya).
Guru : silakan Alifiya maju ke
depan....
Siswa : Baik bu....
Guru : tolong
kalian dengarkan baik-baik apa yang akan dibacakan Alifya. , kalau
ada hal yang penting tolong diingat dan Ibu mohon jangan
ada yang ribut. Sudah siap untuk
mendengarkan? ( variasi pemusatan perhatian)
Siswa : siap Bu ( jawab siswa serempak
penuh antusias)
(Alifiya membacakan Cerita pendek
dengan menggunakan sebuah gambar anak yang sedang berlari
menghindari kejaran lebah-lebah dan siswa dengan tenang mendengarkannya)
GARA-GARA KETAPEL
Tomtom
murid kelas dua. Ia anak yang usil. Tomtom senang bermain ketapel.
Suatu
hari Tomtom melihat seekor kucing sedang tidur. Ia membidik kucing itu dengan
ketapelnya. Si kucing kaget. Kucing itu lari. Kucing itu lalu memanjat sebatang
pohon. Tomtom senang melihat kucing itu ketakutan. Tomtom membidik lagi. Namun
ia salah sasaran.
Batu
ketapel Tomtom mengenai sarang lebah. Lebah-lebah mengejar Tomtom. Lebah-lebah
itupun menyengat muka dan tangan Tomtom. Muka dan tangan Tomtom jadi bengkak.
Tomtom tidak akan lupa kejadian itu. Sejak itu, Tomtom jera. Ia berjanji tidak
akan usil lagi.
( ketrampilan
variasi kesenyapan dan pemusatan perhatian )
( setelah Alifiya selesai membacakan cerita, guru
mempersilakan Alifiya duduk )
Guru : terima kasih Alifiya karena
sudah bersedia membacakan
cerita. ( guru
tersenyum ke arah Alifiya )
( keterampilan penguatan dengan mimik dan gerakan badan)
Guru :dari
cerita yang baru saja dibacakan teman kalian tadi, siapa yang tahu judul ceritanya? (keterampilan guru bertanya secara singkat dan jelas serta
memusatkan perhatian siswa dan memberikan acuan)
( siswa berebut
ingin menjawab soal kuis)
Guru :
Coba Ina. (keterampilan pemindahan giliran)
Siswa : gara –
gara ketapel Bu.
Guru : Ya benar sekali jawaban Ina. (keterampilan penguatan
verbal )
siapa yang tahu nama Anak yang ada dalam
cerita tadi?
(
keterampilan memusatkan perhatian dan keterampilan bertanya
secara singkat dan jelas)
( siswa berebut ingin menjawab soal)
Guru :
coba Mawaddah.( keterampilan memindahan giliran)
Siswa :
Tomtom Bu...
Guru : Ya benar sekali jawaban Mawaddah. (keterampilan penguatan
verbal ).
Nasehat
apa yang bisa kita ambil dari cerita tadi? (keterampilan
pemberian acuan dan bertanya dengan jelas dan singkat )
Siswa : kita
tidak boleh nakal Bu.
Kita harus
jadi anak yang baik Bu.
Guru : ya,
benar sekali jawaban kalian ( sambil mengacungkan jempol) ( penguatan gerakan badan )
Wah,
kelihatannya semua murid Ibu
sudah belajar dengan semangat dan memperhatikan dengan baik
cerita yang baru saja di bacakan teman kalian Alifiya tadi.
Sekarang,
ibu akan membagikan LKS. Tolong dijawab dan jangam ribut ya...
Siswa : Baik
Bu...( keterampilan variasi kesenyapan)
( guru membagikan LKS, guru mengawasi siswa, dan
berpindah-pindah tempat) (ketrampilan variasi
pindah posisi)
Guru : Sudah
selesai mengerjakannya anak-anak?
Siswa : Sudah Bu....
Guru : Wah.. Hebat sekali siswa Ibu, ( keterampilan
penguatan verbal). cepat sekali mengerjakan soal yang Ibu berikan. (sambil
tersenyum penguatan mimik). Sekarang,
mari kita diskusikan jawaban-jawaban yang dari LKS tadi. Tolong tukarkan LKS
kalian dengan teman di sebelah kalian.
(Siswa
menukarkan hasil pengerjaan LKSnya)
Gur : Siapa
yang bersedia membacakan soal dan jawaban pertama?( pemberian
waktu berfikir)
Siswa : Saya
bu.... (jawab Harmoko)
Guru : ya
silakan Harmoko.( pemindahan giliran)
Siswa : bagaimana
sifat Tomtom?
Sifat Tomtom usil.
Guru : benar
sekali jawaban Harmoko.( sambil tersenyum ke arah Harmoko) (penguatan verbal).
Soal nomor 2, siapa yang bersedia
membacakan?( pemberian waktu berfikir)
Siswa : saya
Bu... (jawab Arif)
Guru :
silakan Arif.( pemindahan giliran)
Siswa :
permainan apa yang dimainkan Tomtom?
Tomtom bermain ketapel
Guru : ya,
jawaban yang dibacakan Arif benar. (sambil
mendekati ke arah Arif) (penguatan dengan
mendekati). Apakah ada jawaban yang lain?
Siswa : sama
Bu....
Guru :
baiklah, siapa yang bersedia membacakan soal dan jawaban nomor 3 ?( pemberian
waktu berfikir)
Siswa : saya
Bu.... ( jawab Jean)
Guru :
silakan Jean....( pemindahan giliran)
Siswa :
mengapa Muka Tomtom bengkak?
Muka tomtom bengkak karena disengat lebah
Guru : ya,
sangat tepat jawaban yang baru saja dibacakan Jean tadi. (mendekat
ke arah Jean
penguatan
dengan mendekati). Sekarang kita lanjutkan soal nomor 4. Siapa
yang bersedia membacakan?( pemberian waktu
berfikir)
Siswa : saya
Bu... ( jawab Fredi)
Guru :
silakan Fredi....( pemindahan giliran)
Siswa : apa
janji Tomtom? Tomtom berjanji tidak akan usil lagi.
Guru :jawaban
Fredi benar dan tepat . (sambil mendekat ke arah Fredi) (penguatan dengan mendekati )
Guru : Anak-anak
hasil koreksi LKSnya tolong dikumpulkan pada Ibu, tolong dituliskan jumlah
benarnya.
1) Penutup ( ± 2 menit)
Guru :
Anak-anak tadi kita telah belajar tentang apa? (pengungkapan
pertanyaan secara jelas dan singkat) (sambil berjalan di
antara siswa) ( variasi pindah posisi)
Siswa : Tentang
Cerpen Bu. . .
Siswa : Menjawab pertanyaan Bu…
Guru :
Iya, benar sekali (Sambil
tersenyum) . (penguatan mimik dan gerakan badan) dabn ingat pesan cerita tai ya anak-anak, kalian harus
menjadi anak yang baik dan tidak usil seperti Tomtom.
Siswa : baik
Bu.
Guru : karena
waktu sudah habis ibu akhiri pelajaran kita hari ini.
Wassalamualaikun Wr. Wb
Siswa : Waalaikum
salam Wr. Wb.
12. Media
Pembelajaran :
1)
Teks Cerita Pendek (terlampir pada Transkrip)
2)
Gambar
·
Gambar anak yang sedang berlari menghindari kejaran lebah-lebah
3)
LKS ( terlampir)
13.
Buku Sumber
1)
Buku Bina Bahasa Indonesia untuk
SD kelas 2 semester 1, halaman 35-36, Penerbit Erlangga.
Banjarbaru,28 Februari 2012
Dosen Pembimbing Simulator
Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd Faridatul
Jannah
Wah, makasih ya kaa..sangat membantu sekali...^-^
BalasHapussaya juga mahasiswi Unlam PGSD tapi yang dibanjarmasin..hehe
salam kenal dari Linda..:)
Alhamdulillah kalo ini bisa membantu pian ding ae...
HapusYg semester 2 nya ada ka?
BalasHapusthanks ka :)
BalasHapus